Home > Berita > Penyakit Pencernaan Selama Liburan

Penyakit Pencernaan Selama Liburan

PADI JAYA – Pasien sakit selama atau pasca liburan karenagangguan pencernaan antara lain karena sakit maagnya kambuh atau mengalami diare. Selama liburan sebagian dari kita tidak terlalu peduli dengan makanan atau minuman yang kita konsumsi. Pasien dengan diare dating setelah mengkonsumsi makanan tertentu. Selain faktor kebersihan makanan kita juga harus memperhatikan kualitas dari makanan yang akan dikonsumsi. Pasien pada umumnya bisa memastikan bahwa kenapa mereka menjadi diare. Karena biasanya, timbulnya diare setelah mengkonsumsi makanan tertentu.

Makanan yang bisa mencetuskan terjadinya diare antara lain makanan yang mengandung sea food atau makanan pedas. Kita tau bahwa umumnya sea food disimpan dalam ice box atau kulkas. Masalah timbul jika sea food tidak tersimpan dalam kondisi dingin/beku. Hal ini akan menyebabkan kondisi sea food tersebut mudah menjadi rusak. Diare terjadi biasanya dalam waktu 6-8 jam setelah mengkonsumsi sea food.

Makanan yang pedas juga mencetuskan terjadi diare, ada satu pasien yang bercerita bahwa diare beberapa jam setelah mengkonsumsi rujak bebek yang pedas (rujak tumbuk). Kripik dengan level tertentu saat ini menjadi makanan favorit terutama dikalangan muda. Kadang kala kemampuan untuk tahan merasakan pedas mengkonsumsi kripik level tertentu digunakan untuk saling menunjukkan kekuatan apakah tahan atau tidak untuk merasakan kepedasan tertentu tersebut. Pada pasein yang kebetulan sudah menderita ambeien akan merasakan duburnya terasa panas setelah mengkonsumsi kripik pedas tersebut.

Selain masalah pencernaan, selama liburan jumlah kalori yang dikonsumsi juga harus diperhatikan. Kita berusaha agar selama liburan berat badan tidak meningkat apalagi bagi kita atau anak-anak kita yang sudah mengalami kelebihan berat badan. Selama liburan anak-anak cenderung berada di depan TV, nonton TV atau bermain game online dan kadang kala disertai mengkonsumsi camilan dengan kalori tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *