Home > Berita > Antisipasi Penyakit Selama Cuti atau Liburan

Antisipasi Penyakit Selama Cuti atau Liburan

PAPDI JAYA – Beberapa minggu lagi anak sekolah dan mahasiswa akan memasuki masa liburan akhir semester. Waktu liburan biasanya diisi dengan berbagai aktifitas, orang tua juga ikut-ikut cuti untuk menemani anak-anak mereka liburan. Selama atau pasca liburan kadang kala membuat seorang menjadi sakit.

Padahal tujuan dari liburan adalah kita beristirahat dari berbagai permasalahan terutama permasalahan ditempat kerja dan juga persoalan kemacetan baik ketempat kerja maupun pulang dari tempat kerja. Belum lagi stress yang timbul akibat berbagai aksi kejahatan yang sewaktu-waktu bisa terjadi dan menghantui kita yang tinggal di kota besar seperti Jakarta.

Buat yang masih sekolah dan kuliah, liburan merupakan waktu yang tepat untuk beristirahat dari beban sekolah atau kuliah yang banyak setiap harinya. Begitu juga beban kemacetan saat berangkat dan pulang sekolah. Oleh karena itu liburan mustinya membuat kita dapat rileks dan terhindar dari berbagai permasalahan sehari-hari. Sehingga tubuh kita tetap selalu sehat. Karena dengan rileks, tingkat stress berkurang tubuh juga menjadi lebih sehat.

Tetapi masalahnya kitapun harus waspada bahwa aktifitas liburan dapat membuat kita menjadi tidak sehat. Walau pada kenyataannya kadang kala selesai liburan malah kita mengalami sakit. Pasien yang datang karena sakit pasca liburan umumnya karena gangguan percernaan. Selain itu selama liburan karena kita mengurangi aktifitas fisik sehingga akhirnya setelah liburan berat badan menjadi naik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *